Minggu, 22 Februari 2009

Ulas Gaya Hidup: Hidup Sehat Ala Suku Borana

Borana adalah salah bagian dari suku Oromo yang mendiami bagian timur Afrika. Mereka tersebar di wilayah Kenya bagian utara dan Ethiopia. Satu hal yang unik dari mereka adalah kebiasaan atau pola makan mereka yang sebagian besar hanya bergantung pada susu dan sedikit daging. Dan mereka sangat sehat. Mengapa mereka tidak menderita penyakit trombosis atau penyakit jantung padahal mereka banyak mengkonsumsi produk susu yang berlemak?
Alasan pertama adalah bahwa makanan utama mereka -susu- diperoleh langsung dari sapi dan sapi yang menghasilkan susu tidak diberi makan dengan pakan olahan ataupun disuntikkan antibiotik. Lebih jauh lagi, susu yang mereka konsumsi tidak diolah terlebih dahulu. Berbeda dengan produk susu yang banyak dijual di pasaran, yang diolah dulu dalam tangki, dibawa kesana kemari sebelum masukkan dalam tong yang terbuat dari logam. Susu tersebut juga tidak dipanasi untuk membunuh bakteri atau dikemas dalam wadah karton dan kemudian dipajang di rak supermarket.
Yang kedua, suku Borana tidak menderita penyakit trombosis koroner dikarenakan hidup mereka aktif secara fisik. Berbeda dengan gaya hidup masyarakat modern perkotaan yang lebih mengutamakan kenyamanan dengan sedikit bergerak, sehingga muncul istilah hidup door to door. Dari pintu kamar, ke pintu rumah, lalu pintu mobil, terus ke pintu gedung, pintu lift/elevator, kemudian ke pintu ruang kantor atau ruang kerja.
Apa yang dijelaskan di atas bukanlah dalih agar semua orang minum susu. Tidak semua bangsa di dunia ini menyukai susu. Bangsa Cina contohnya, hanya sedikit memgkonsumsi produk susu. Mereka mengandalkan makanan lain. Tetapi yang perlu diperhatikan bahwa makanan itu tidak diolah sebelum dimakan. Makanan yang sedapat mungkin alami secara umum lebih baik bagi tubuh dibandingkan makanan yang sudah diolah, apalagi melalui beberapa proses pengolahan. Makanan olahan memang praktis dan awet, namun jangan lupa dengan kandungan gizinya karena kita makan tidak hanya untuk menghilangkan rasa lapar dan memuaskan selera. Fungsi makanan lebih dari sekadar itu. Apa yang masuk ke dalam tubuh, itu pula yang akan diolah oleh tubuh.

Rujukan :
- Blueprint for A Green Planet oleh Seymour and Girardet

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP